Beberapa Hal Berikut Harus Ada Dalam Cover Letter

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Job Application Letter - Surat  Lamaran Kerja : Desain Contoh Surat #A38wgZZ8OW

Cover letter lebih baik tidak kamu remehkan bahkan bisa saja menjadi dokumen yang lebih menarik di bandingkan surat lamaran biasa yang dilengkapi CV. Saat melamar pekerjaan, cover letter bisa lebih meyakinkan atau lebih menunjukkan kualifikasi kamu.

Dikarenakan cover letter ini ditulis dengan memakai bahasa dan format yang resmi, biasanya banyak orang asal membuat sesuai Contoh Cover Letter yang ada.

Cover letter ini padahal sangat penting dan sangat terkait dengan diri kamu sendiri bukan orang lain. Adanya cover letter dapat menunjukkan kemampuan kamu dalam menulis, menunjukkan keseriusan dalam melamar memperlihatkan value kepada perusahaan dan sebagainya.

Kalau kamu penasaran mengenai apa saja unsur yang harus ada dalam cover letter, simak ulasan berikut ini.

 

Informasi mengenai keahlian dan harus sesuai jenis pekerjaan terkait

Misal saja contohnya kamu hendak bekerja pada perusahaan yang sedang membutuhkan posisi graphic designer, maka pastikan kamu menulis dan menjelaskan project grafis yang telah kamu hasilkan sebelumnya.

Mungkin kamu memiliki pengalaman saat magang dan kegiatan tertentu yang memiliki keterkaitan dengan pembuatan grafis, logo dan sebagainya. Hal satu ini bisa dibilang portofolio yaitu koleksi hasil karya kamu jika kamu memang mengambil posisi pekerjaan seperti graphic designer tersebut.

Tapi kalau kamu melamar sebagai fotografer, coba berikan hasil karya kamu bisa dalam bentuk video atau foto. Tunjukkan juga project-project yang sudah pernah kamu ambil sebelumnya.

 

Cover letter harus sesuai pekerjaan dan visi misi

Sebelum membuat cover letter, lebih baik pastikan kamu mencari informasi lengkap seputar posisi atau pun perusahaan yang hendak kamu lamar. Hal satu ini merupakan bagian penting agar kamu memahami yang diinginkan oleh perusahaan tersebut apa saja.

Pastikan syarat-syarat apa yang perlu dipenuhi juga dipahami dengan baik.

 

Masukkan motivasi melamar pekerjaan

Motivasi ini mencakup alasan dari diri sendiri mengapa ingin mendapatkan posisi pekerjaan terkait. Motivasi yang dicantumkan dalam cover letter bisa saja mengenai kecocokan kepribadian dengan budaya perusahaan.

Motivasi juga bisa berhubungan dengan penelitian tentang perusahaan lebih mendalam sebagai pelengkap.

 

Jangan lupa isi cover letter dengan pencapaian terbaik kamu

Ada yang namanya Qualification sebagai salah satu unsur utama dalam cover letter. Unsur yang satu ini mencakup pencapaian paling terbaik atau terhebat kamu sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Kamu bisa menggunakan angka agar semakin memperjelas pencapaian yang sudah kamu raih, HRD tentu bisa lebih paham angka yang lebih meyakinkan dan lebih terbukti dari pada penjelasan kata-kata yang bisa saja kurang jelas.

Kemampuan yang ditampilkan harus yang relevan dengan pekerjaan yang hendak dilamar bukan kemampuan di bidang lain atau yang sama sekali tidak ada kaitannya. Jangan lupa juga jelaskan bagaimana dari kemampuan yang sudah dimiliki tersebut bisa membantu perusahaan.

 

Cover letter perlu menjelaskan info yang belum ada di dalam CV

CV biasanya hanya sekadar memberikan gambaran mengenai diri kita seperti apa, jika pun ada, biasanya menjelaskan kemampuan secara umum saja. Agar lebih spesifik dan jelas, pastikan isian cover letter menjelaskan keterangan tertentu yang belum hadir dalam isian CV tersebut.

Isian cover letter cenderung lebih bersinggungan dengan jenis pekerjaan. Pihak HRD nantinya akan memahami kamu melamar posisi A misal, lalu bisa mencari kata kunci dengan tepat. Kata kunci ini berhubungan dengan judul pekerjaan.

Kalau CV atau surat lamar menjelaskan terlalu umum, maka cover letter bisa membantu untuk menjelaskan lebih spesifikasi seputar jenis pekerjaan dan job description.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *