6 Istilah dalam Polis Asuransi yang Harus Anda Pahami

Polis asuransi kesehatan Prudential merupakan bukti sah atas suatu perjanjian yang dilakukan antara pihak perusahaan asuransi dengan nasabahnya. Polsi asuransi ini berisikan hak dan kewajiban dari perusahaan penyedia asuransi dan calon nasabahnya.

Istilah Asing Polis

Jika Anda sudah mengetahui jenis-jenis dari asuransi, maka Anda juga harus memahami berbagai istilah yang ada dalam asuransi tersebut. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai istilah asuransi.

1. Premi

Premi dalam polis asuransi merupakan pembayaran sejumlah uang sebagai biaya pengalihan risiko atas nasabahnya. Pembayaran premi ini ditujukan untuk pihak tertanggung dengan nominal yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransinya.

2. Klaim

Kalim merupakan tuntutan dari pihak tertanggung kepada penanggung untuk memberikan sejumlah ganti rugi. Nah, ganti rugi ini diberikan ketika tertanggung mengalami risiko yang sudah tertuang dalam polis.

3. Rider

Rider merupakan manfaat tambahan yang bisa Anda terima dari suatu program asuransi. Misalnya saja adalah asuransi jiwa yang bisa memberikan rider berupa asuransi kesehatan.

4. Lapse

Lapse yang ada dalam polis asuransi merupakan pembatalan yang dapat menyebabkan asuransi tidak bisa dicairkan. Biasanya, hal ini akan disebabkan oleh pembayaran yang sudah melampaui masa tenggang.

5. Uang Pertanggungan

Uang pertanggungan ini merupakan sejumlah dana tanggung jawab perusahaan asuransi jika nantinya pihak tertanggung mengalami risiko yang sudah tertera dalam polis tersebut.

6. Free Loking Period

Free looking period yang ada dalam asuransi adalah jangka waktu selama 14 hari dimana pihak tertanggung bisa membatalkan perjanjian apabila dirinya tidak setuju akan adanya klausula dalam polis.

Dan inilah pembahasan yang perlu Anda ketahui seputar polis asuransi dan istilah apa saja yang ada di dalam polis asuransi tersebut. Jika Anda memang berencana untuk mengambil asuransinya, maka pastikan terlebih dahulu untuk membaca isi dari polis dengan seksama. Kuncinya adalah jangan pernah ragu untuk bertanya pada agen terkait dengan beberapa hal yang mungkin tidak atau belum Anda pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *