3 Pertimbangan yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan SAP Migration

Sudah cukup lama SAP mengungkap bahwa akan melakukan migrasi SAP S/4 HANA di tahun 2025 mendatang. Itulah mengapa para pebisnis harus secepatnya melakukan SAP data migration sebelum waktu tersebut. Namun di sisi lain, terdapat beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan SAP migration. Apa saja?

Pengertian Data Migrasi

Sebelum mencari tahu beberapa pertimbangan yang sebaiknya anda perhatikan sebelum melakukan SAP data migration. Maka ada baiknya apabila anda memahami terlebih dahulu apa itu data migrasi sendiri. Jadi, data migrasi ini adalah proses transfer dari satu sistem penyimpanan ke sistem penyimpanan yang lain.

Terdapat beberapa alasan kenapa perusahaan perlu melakukan data migrasi tersebut. Misalnya mengganti penyimpanan data atau mengganti server, sampai merombak sistem yang sedang digunakan. Setiap perusahaan umumnya memiliki alasan tersendiri untuk melakukan hal tersebut, yang mana semuanya tetap membutuhkan rencana yang jelas dalam menerapkannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan

  1. Business Care

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, apapun alasan perusahaan melakukan SAP migration, semuanya tetap membutuhkan rencana yang jelas. Meskipun itu termasuk SAP sendiri yang mengharapkan para pengguna untuk segera beralih ke S/4 HANA. Dalam hal ini, business care menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu.

Karena pengguna SAP dituntut agar dapat memahami berbagai macam kebutuhan teknis, supaya bisa menjalankan sistem dengan lancar. Itulah kenapa anda perlu membuat business care, dimana pengguna harus dapat menjalankan sistemnya di server masing masing atau menjalankannya di cloud.

  1. Kesiapan Migrasi

Selain business care, hal lainnya yang perlu anda perhatikan dalam melakukan SAP data migration yakni kesiapan migrasi. Sebab tidak semua perusahaan siap untuk melakukan ini, bahkan banyak yang tercatat tidak tertarik untuk melakukan migrasi. Salah satu alasannya adalah karena kurangnya SDM maupun kurangnya teknologi

Beberapa faktor tersebut membuat perusahaan tidak siap untuk melakukan migrasi secepatnya, sehingga implementasinya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Kendati demikian, sepertinya migrasi harus tetap segera dilakukan mengingat bahwa SAP telah memutuskan agar semua pengguna melakukan migrasi pada akhir 2025 nanti.

  1. Dukungan atau Support

Dibutuhkan dukungan atau support dari mitra untuk mendorong SAP migration. Dimana migrasi data ini penting dilakukan sebelum tenggat waktu yang telat ditetapkan oleh SAP sendiri. Apabila belum siap melakukan migrasi, mitra yang baik akan membantu anda untuk menggunakan SAP lainnya sebagai alternatif sebelum beralih ke SAP S/4 HANA.

Perusahaan yang menggunakan SAP sebaiknya segera melakukan migrasi data secepatnya sesuai dengan apa yang disebutkan SAP. Dalam hal ini, mencari mitra terbaik penting dilakukan untuk membantu anda melakukan migrasi tersebut agar berjalan lancar. Atau setidaknya mitra seperti Soltius Indonesia dapat membantu memberikan solusi dengan menawarkan SAP lainnya sebagai alternatif. Untuk informasi SAP migration hubungi : https://www.soltius.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *